10 Tip Yang Tak Biasa Untuk Berhenti Merokok

Berhenti merokok merupakan proses yang sangat menantang. Simak 10 tip tak biasa yang bisa kamu terapkan sebagai fondasi untuk berhenti merokok buat selamanya.

berhenti merokok

Berikut adalah tip berhenti merokok untuk pecandu berat.


10. Lakukan Pekerjaan Rumah


Pada saat kamu memutuskan untuk berhenti merokok maka segeralah melakukan pekerjaan rumah. Cuci pakaianmu sendiri, lap perabot-perabot di rumahmu dan bersihkan semua karpet yang ada. Aroma yang dihasilkan tembakau di dalam rumahmu bisa menjadi pemicu untuk kamu kembali merokok jadi pastikan kalau kamu tidak akan lagi menciumnya. Hal itu bisa menjadi modal dasar untuk kamu bisa sukses melakukannya. Lingkungan yang menyenangkan akan membuatmu lebih mudah menjalaninya.

9. Buang Semua Perlengkapan Merokok


Menyimpan asbak beserta korek api bermakna bahwa kamu tidak benar-benar serius dan berkomitmen untuk bebas rokok. Memang bukan hal yang mudah untuk melakukannya namun mengeliminasi perlengkapan merokokmu akan mengurangi dirimu berpikir tentang rokok sehingga mengurangkan kecanduanmu terhadap rokok.

8. Mulai Berolahraga Secara Teratur


Coba berlolahraga yang sehat dengan berlari santai atau bersepeda. Tetap aktif juga akan mempercepat proses pemulihan. Kesehatan kamu akan meningkat dengan lebih cepat dan kamu bisa merasakannya selama proses berlangsung.  Fokus pada program olahraga yang intensif akan mengurangkan ingatanmu tentang rokok sekaligus mengurangi keinginan kamu untuk kembali merokok karena pastinya kamu tidak mau kehilangan apa yang sudah kamu dapatkan selama proses berlangsung.

7. Lakukan Hobi Kamu


Temukan hobi-hobi baru yang menarik seperti melukis, menulis atau berenang untuk menghilangkan ingatanmu tentang rokok. Gunakan kegemaran itu berulang-ulang untuk mengatasi kecanduan yang kamu rasakan karena rokok. Memasak merupakan hobi yang bagus untuk melakukannya karena menggunakan indra baru anda tentang bau dan rasa.

6. Temukan Makanan Ringan Sehat Kesukaanmu


Ketika kamu tidak merokok maka selera makanmu akan meningkat. Cari _snack_ sehat kesukaanmu seperti permen tongkat. Pabila keinginanmu untuk merokok timbul maka segera masukkan mulutmu dengan permen tongkat. Ia akan mengantikan kebiasaan mulut dan tanganmu saat merokok. Pergerakan yang sama saat merokok apabila dilakukan akan menjadikan kamu lebih tenang.

5. Dapatkan Bola Stress (Stress ball)


Disaat kamu sedang mencoba untuk berhenti merokok maka sangat penting buat kamu menemukan jalan supaya bisa relax dan tenang tanpa disertai nikotin-sekaligus menjaga tanganmu tetap dalam kondisi sibuk. Beli Stress ball segera untuk menangani rasa stress selama proses pumulihan.

4. Kurangkan Konsumsi Kafein


Nikotin menekankan efek kafein, jadi setelah kamu berhenti morokok maka kopi akan memberikan pengaruh yang lebih besar pada dirimu. Berusahalah untuk mengurangi pengambilan kafein. Kopi adalah jenis stimulan, ia akan meningkatkan denyutan jantungmu  sehingga menyebabkan dirimu sulit untuk menangani stress dimasa pemulihan.

3. Meditasi


Meditasi mungkin terdengar eksotis, namun ia merupakan cara yang fantastik menangani masalah aspek psikologis dalam masalah pemutusan terhadap nikotin. Meditasi merupakan bentuk dari pernapasan dan relaksasi. Para pesertanya sering membayangkan pikiran atau gambar tertentu, mengulangi mantra tertentu atau hanya sekedar fokus pada pernapasan. Beberapa teknik meditasi yang mudah akan menjadikan pikiran, tindakan dan perasaan kamu lebih peka sehingga membantu kamu menemukan jawaban mengapa kamu sampai kecanduan. Ketika kamu tahu mengapa kamu bisa kecanduaan maka kamu bisa belajar cara menghindarinya.

2. Minum Air Putih yang Banyak


Air putih akan mempercepat proses detoksifikasi nikotin dalam tubuhmu dan juga dapat meringankan batuk sehingga membantu paru-paru kamu membersihkan lendir di dalamnya. Air putih juga dapat memerangi selera makanmu yang meningkat sehingga tidak akan mengubah kebiasaan makanmu sebelumnya.

1. Ambil Napas Dalam- Dalam


Setiap kali kecanduan itu muncul segera tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan-lahan. Stress merupakan dampak yang terkuat dari kecanduan nikotin dengan cara ini akan membantu kamu lebih relax dan tenang. Oksigen ekstra akan menmbantu kamu dalam menangani rasa sakit kepala atau perasaan pusing. Jika kamu adalah perokok berat yang sudah lama maka kemungkinan masih ada sisa-sisa racun nikotin di dalam paru-paru. Bernapas sedalam-dalamnya akan membantu kamu untuk menepis rasa candu tersebut sehingga membebaskan nikotin dari aliran darah.


Pengalaman setiap orang mungkin berbeda dalam proses berhenti merokok, jadi beberapa tip ini mungkin bisa saja tidak cocok dengan kamu. Jangan pernah takut untuk bereksperimen dan temukan trik kamu sendiri cara berhenti merokok yang lebih mudah.