Cara Pemakanan Diet Sehat

Jika dirimu adalah hasil dari apa yang kamu makan maka berpeganglah pada Diet Sehat yang penuh dengan keseimbangan. Kamu ingin makan berbagai jenis makanan dan kamu tidak mau terlalu membatasi satu jenis kelompok maknanan atau makan terlalu banyak makanan tertentu maka ikutilah cara Diet Sehat di bawah ini.

diet sehat


Diet Sehat: Dengan Piramida Makanan


  • 6 sampai 8 porsi biji-bijian

Terdiri dari roti, sereal,   nasi, pasta dan sekurang-kurangnya 3 porsi tersebut terdiri dari biji bijian. Porsinya roti hanya satu irisan sementara serealnya 1/2 (sudah masak) hingga 1 cangkir (siap untuk dimakan). Satu porsi nasi atau pasta adalah 1/2 cangkir yang sudah masak (1 ons kering). Jauhi roti-roti yang sarat akan kandungan lemak seperti donat yang hanya boleh dikonsumsi pada waktu tertentu saja.

  • 2 sampai 4 porsi buah-buahan dan 4 sampai 6 porsi sayur-sayuran

Kebanyakan buah-buahan dan sayur-sayuran secara alamiah rendah kandungan lemaknya, menjadikan mereka makanan paling baik untuk dikonsumsi. Buah-buahan dan sayur-sayuran banyak mengandung serat, vitamin dan mineral yang diperlukan oleh sistem tubuhmu agar melakukan kerjanya pada tahap tertinggi. Selain itu buah-buahan dan sayuran juga memberikan rasa yang menarik pada diet sehatmu. Hidangkan mereka dalam kondisi yang masih segar, _disteam_ atau dibuat salad. Pastikan hidangan tersebut tidak dicampur dengan mentega atau mayonis yang sarat dengan lemak.

  • 2 sampai 3 porsi susu, yogurt dan keju

Pilihlah produk dengan bikajsana yang bebas kandungan lemaknya.

  • 2 sampai 3 porsi daging, ayam, ikan, kacang-kacangan dan telur

Dalam diet sehat cara terbaik dalam menyajikan daging, ayam atau ikan dengan cara dibakar atau dipanggang dalam keadaan yang tidak berkulit. Penyajian untuk daging, ikan atau ayam adalah 2 sampai 3 ons. Beberapa makanan seperti kacang mampu menyediakan protein tanpa adanya kandungan lemak hewani dan kolestrol yang ada pada daging. 1/4 cangkir kacang yang dimasak itu sama dengan 1 ons daging bebas lemak.

  • Konsumsi lemak, minyak dan manis-manisan

Tidak ada diet yang harus mengeliminasi makanan jenis ini secara total. Tidak masalah jika menyertakan mereka dalam program dietmu asalkan mereka dikonsumsi pada acara-acara tertentu dalam porsi yang sesuai.

Diet Sehat: Makan yang benar dengan porsi yang benar


Piramida Makanan

jumlah kalori yang kamu butuhkan dalam sehari itu bergantung pada jenis kelamin,usia, tipe badan dan seberapa aktif dirimu. Pada umumnya, anak-anak yang aktif pada usia 2-8 tahun memerlukan 1,400 dan 2,000 kalori sehari. Remaja perempuan dan Dewasa yang aktif memerlukan 2,200 kalori sehari tanpa disertai dengan penambahan berat badan. Sementara remaja lelaki dan dewasa yang aktif harus mengkonsumsi kira-kira 3,000 kalori sehari untuk menjaga berat badan mereka. Jika kamu tidak aktif maka kebutuhan kalorinya dikurangkan sebanyak 400 sampai 600 kalori sehari.

Cara terbaik untuk mengetahui seberapa banyak yang harus kamu makan adalah mendengarkan  tubuhmu. jauhkan makananmu dari meja jika kamu merasa nyaman namun masih belum kenyang. Tunggu kira-kira 20 menit. Jika tubuhmu bilang ia masih lapar maka makanlah lagi sedikit.

Diet Sehat: Olahraga adalah bagian terpenting dalam Diet Sehat


Olahraga merupakan komponen penting  dalam menjalani Diet Sehat yang penuh dengan keseimbangan  dan nutrisi yang baik. Kamu akan mendapatkan hasil yang terbaik hanya dengan berolahraga dan makan "Makanan Diet Sehat yang disedikan oleh alam".